Berilah tanda silang pada jawaban yang paling benar dari sejumlah pilihan jawaban
yang tersedia..
yang tersedia..
1.
Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan
pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara
lain....
- a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
- b. guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi kelemahan yang ada
- c. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
- d. guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
2.
Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara
lain terlihat dalam upaya guru....
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
3.
Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar
antara lain sebagai berikut....
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yan diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedi.
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yan diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedi.
4.
Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal
pilihan ganda antara lain...
a. membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b. menklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c. mencari berapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuktiap soal.
a. membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b. menklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c. mencari berapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuktiap soal.
5.
Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi
masih terikat dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri
kemampuan anak berusia....
a. 1 - 2 tahun
b. 2 - 7 tahun
c. 7 - 11/12 tahun
d. 11/12 - 14/15 tahun
a. 1 - 2 tahun
b. 2 - 7 tahun
c. 7 - 11/12 tahun
d. 11/12 - 14/15 tahun
6.
Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah
perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak
berusia....
a. 3—5 tahun
b. 6 -- 8 tahun
c. 10 – 12 tahun.
d. 15 – 18 tahun
a. 3—5 tahun
b. 6 -- 8 tahun
c. 10 – 12 tahun.
d. 15 – 18 tahun
7.
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang
menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan
tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan....
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor).
b. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal)
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor).
b. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal)
8.
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok,
masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk
ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut
merupakan tahapan perkembangan moral....
a. Prekonvensional
b. Konvensional.
c. Postkonvensional
d. Interkonvensional
a. Prekonvensional
b. Konvensional.
c. Postkonvensional
d. Interkonvensional
9.
Pandangan dan pahamke-Tuhan-an diterangkan secara nasional berdasarkan
kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai
pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya.Pernyataan ini
merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan pada masa....
a. Kanak-kanak.
b. Anak sekolah
c. Remaja
d. Masa remaja akhir
a. Kanak-kanak.
b. Anak sekolah
c. Remaja
d. Masa remaja akhir
10.
Masa anak berusia 13-16 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan
sosial dengan hubungan aku engkau atau hubungan subyektif-obyektif perkembangan
dalam tahapan ini berlangsung secara....
a. Subyektif
b. Subyektif menuju obyektif
c. Pra-puber.
d. Obyektif
a. Subyektif
b. Subyektif menuju obyektif
c. Pra-puber.
d. Obyektif
11.
Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal
atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para
siswa tersebut adalah....
a. Impulsive
b. Reflektif
c. Gaya berfikir terikat
d. Gaya berfikir bebas.
a. Impulsive
b. Reflektif
c. Gaya berfikir terikat
d. Gaya berfikir bebas.
12.
Salah satu cirri belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran
adalah....
a. Pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b. Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c. Pengetahuan dibanggun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas.
d. Kegiatan pembelajarn dipilih atas dasar minat siswa
a. Pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b. Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c. Pengetahuan dibanggun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas.
d. Kegiatan pembelajarn dipilih atas dasar minat siswa
13.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1) Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2) Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus
dan respon
3) Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa
melalui pengalaman belajar mandiri
4) Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari
pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku
behavioristik adalah....
a. 1 dan 2.
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
a. 1 dan 2.
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
14.
Deni adalah seorang siswa berprestasi sehingga mendapat
penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar.
Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan dalam bentuk unit-unit
kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang
ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya.PBM yang dilakukan guru
tersebut dilandasi oleh teori belajar....
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme.
d. Gestalt
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme.
d. Gestalt
15.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan
3. Guru memfailitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan
Pernyataan diatas yang merupakan karkteristik teori belajar konstruktivistik adalah....
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4.
d. 2 dan 3
1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan
3. Guru memfailitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan
Pernyataan diatas yang merupakan karkteristik teori belajar konstruktivistik adalah....
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4.
d. 2 dan 3
16.
Hal-hal yang mempengaruhi inflasi adalah …
- a. Banyaknya Subsidi pemerintah
- b. Banyaknya pengangguran
- c. Kenaikan harga barang-barang komoditas
- d. Petani gagal panen
17.
Berikut ini adalah faktor yang membuat Aceh sulit ditakhlukkan
oleh Belanda adalah …
- a. Ulama dan rakyat bersatu melawan penjajahan Belanda
- b. Karena taktik Snock Honggronye
- c. Karena Belanda kalah perang di Jawa
- d. Karena kaum wanita aceh juga ikut berperang
18.
Urutan proses siklus hidrologi di permukaan bumi
- a. Uap air – penguapan – pengembunan – awan - hujan
- b. Penguapan – awan – uap air – pengembunan - hujan
- c. Penguapan – pengembunan – uap air – awan – hujan
- d. Penguapan – uap air - awan - pengembunan - hujan
19.
Faktor yang mempengaruhi abrasi pantai adalah
- a. Penambangan Pasir pantai
- b. Karena penggunaan pantai sebagai tempat wisata
- c. Karena hutan bakai semakin berkembang
- d. Karena angin yang terlalu kencang
20.
Alat untuk mengukur kelembapan udara disebut….
- a. Barometer
- b. Higrometer
- c. Hidrometer
- d. Anemometer
21.
Lembaga yang berhak mengedarkan uang sebagai alat pembayaran
yang sah adalah ...
- a. BPD
- b. Bank Indonesia
- c. BRI
- d. Bank Nasional
22.
Pondok pesantren yang didirikan Sunan Giri adalah…
- a. Giri Prabu Satmala
- b. Darul Falah
- c. Giri Roudhlotul Satmala
- d. Giri Prabu sakti
23.
Untuk membayar barang yang kita beli, kita menggunakan uang.
Uang berfungsi sebagai ...
- a. mata uang
- b. alat tukar
- c. alat jual
- d. alat uang
24.
Pada tahun 1619, VOC berpindah markas ke Batavia atas prakarsa
Gubernur Jendral…
- a. Pieter Both
- b. Janseen
- c. Jan Pieterzoon Coen
- d. Cornelis de Hoputman
25.
Yang dimaksud dengan peta adalah…
- a. gambaran konvensional dari suatu kota yang dituangkan dalam kertas serta di beri penjelasan
- b. gambaran konvensional dari permukaan bumi yang diperkecil dengn skala
- c. gambaran lokasi suatu daerah yang siperkecul dengan skala
- d. gambaran semua bagian bumi yang di beri keterangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar